cara mengukur tekanan darah

  1. Posisikan pasien Anda duduk di kursi di samping meja atau berbaring sehingga pasien dapat mengistirahatkan lengannya dekat dengan jantung.
  2. Putar sekrup di samping bola karet ke kiri untuk membukanya. Keluarkan udara dari manset.
  3. Tempatkan manset pada lengan atas pasien Anda di atas siku, dengan tepi Velcro menghadap keluar. Lilitkan manset di lengan pasien Anda. Kencangkan tepi Velcro.
  4. Tempatkan jari pertama dan kedua pada bagian dalam siku pasien Anda dan rasakan denyut nadinya. Tempatkan bagian datar dari stetoskop di tempat di mana Anda merasakan denyut nadi, kemudian letakkan earphone di telinga Anda.
  5. Putar sekrup di samping bola karet ke kanan sampai mentok.
  6. Pompa bola dari manset dengan satu tangan sampai Anda tidak bisa lagi mendengar denyut nadi.
  7. Perlahan-lahan buka sekrup sampai Anda mendengar suara nadi pertama. Ingat jumlah jarum menunjuk kepada angka ketika Anda mendengar suara nadi pertama. Angka itu adalah tekanan sistolik, jumlah atas pada tekanan darah (misalnya, 120/).
  8. Tetap perhatikan angka dan perlahan-lahan terus melepaskan sekrup sampai Anda mendengar perubahan suara nadi dari dengungan keras ke suara lembut atau sampai suara menghilang. Perhatikan nomor pada angka ketika Anda mendengar suara lembut atau tidak ada suara. Angka itu adalah tekanan darah diastolik, jumlah yang lebih rendah dalam tekanan darah (misalnya, /80).
  9. Catat ukuran tekanan darah (misalnya, 120/80) dalam buku harian. 
 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

cara membuat es jeruk

cara membuat truk dari kayu

mengukur suhu badan bayi diketiak